TUTORIAL FLASH : 1. Pengenalan Awal

Pernah nonton film kartun kan? pasti pernah. Dari nenek-nenek, anak muda, remaja, dan anak kecil tentunya banyak yang suka nonton kartun. Sekarang Indonesia lagi demam Naruto, beberapa tahun kemarin demam samurai x, inuyasha (atau inulyasha?), sinchan, spongebob, dll. Dan saya yakin pula bahwa dalam benak anda pernah terpikir, bagaimana sih film kartun di buat. Tentunya kalau diceritakan akan memakan waktu lama, ceritanya panjang banget. Dari jaman keemasan Walt Disney, dimana saat itu film kartun dibuat masih secara manual (gambar dikertas, satu gerakan satu lembar). Jadi untuk membuat sebuah animasi satu pergerakan saja dibutuhkan perjuangan dan ketekunan yang super ekstra. Akan tetapi saat ini kita pun kita juga dapat membuat film kartun sendiri, hanya dengan bantuan komputer (laptop) serta sebuah program, yaitu Flash.

Flash merupakan program untuk desain grafis animasi, khususnya animasi 2D, yang cikal bakalnya dibuat oleh Macromedia dan sekarang lisensinya dimiliki oleh Adobe. Program ini merupakan program yang sangat fleksibel dan dapat diaplikasikan untuk berbagai keperluan grafis animasi seperti game, presentasi, banner, logo, gambar bergerak, dll. Sehingga dengan hadirnya animasi flash, desain suatu website misalnya dapat terlihat lebih menarik dan tidak membosankan. Tentunya anda semua pun juga sering memainkan game-game flash saat senggang atau sekadar having fun, karena pada dasarnya aplikasi flash banyak bertebaran di dunia internet, yang dapat diunduh dengan gratis.

Ok by the way langsung saja pada topik kita. Anda yang ingin belajar aplikasi flash, berikut akan kita sajikan tutorial flash step by step, mulai dari pengenalan hingga praktik programming yang melibatkan action script yang komplek. Namun sebenarnya kunci untuk belajar flash sangat tergantung dari kreativitas anda masing masing. Jika anda kreatif, kami yakin anda akan berkembang lebih expert. Kata seorang master flash, kunci keberhasilan dari belajar flash adalah KESABARAN. Karena anda akan dituntut step by step mengedit gambar. Jika anda bosan, maka berakhirlah semua. Baik, kita akan mulai tutorial kita dengan pengenalan. silakan download flashmx

Leave a comment